Meski Tanpa Penonton, Ribuan Personil Gabungan Siap Amankan Pertandingan Persib Bandung vs Persija Jakarta

Posted by

BANDUNG – Ribuan personil gabungan dikerahkan dalam pengamanan pertandingan Persib Bandung vs Persija Jakarta pada kompetisi Liga 1 musim 2023/2024.

Pertandingan Persib Bandung vs Persija Jakarta tersebut berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sabtu, 9 Maret 2024.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan meski tanpa penonton, ribuan personil gabungan tersebut akan disebar kebeberapa titik di dalam maupun diluar Stadion Si Jalak Harupat.

“Total ada 1.300 personil gabungan, yang terdiri dari TNI,Polri, Dishub dan Satpol PP,” kata Kusworo. Sabtu, 9 Maret 2024.

“Meski tanpa penonton, personil pengamanan ini akan kami tempatkan disemua area yang ada di seputaran Stadion Si Jalak Harupat,” sambungnya.

Ia menambahkan mekanisme pengamanan yang dilakukan adalah, kedua tim akan dikawal ketat dari mulai hotel menuju kelokasi pertandingan.

“Selama pertandingan pun personil keamanan akan terus mengamankan sampai dengan pertandingan, kami akan kawal sampai dengan titik akhir daripada para pemain,” ujarnya.

Lebih lanjut, mengantisipasi adanya suporter yang memaksa datang ke Stadion Si Jalak Harupat, Kusworo menjelaskan pintu gerbang, baik gerbang Utara, Tengah maupun Selatan akan jaga ketat oleh personil dan steward daripada panitia pelaksana.

“Kemudian pintu tribun di Stadion Si Jalak Harupat akan digembok agar para penonton tidak bisa masuk,” jelasnya.

“Pastinya tidak kami perbolehkan masuk, kami akan arahkan untuk pulang. Karena masuk kedalam gerbang Stadion Si Jalak Harupat pun tidak bisa masuk ke tribun, karena pintu tribunnya akan digembok,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, ia menghimbau kepada seluruh suporter tuan rumah (bobotoh) untuk menyaksikan pertandingan Persib Bandung vs Persija Jakarta melalui televisi dirumah masing-masing.

Diketahui, pertandingan tanpa penonton tersebut berdasarkan Sidang Komisi Disiplin Nomor 191 tanggal 1 Maret 2024 yang dikuatkan oleh komisi banding pada 7 Maret 2024, diputuskan bahwa pertandingan Persib Bandung vs Persija Jakarta digelar tanpa penonton.

Penolakan banding tersebut, lantaran telah terjadinya kericuhan dan ketidakprofesionalan panitia pelaksana (panpel) pada laga Persib Bandung vs PSIS Semarang minggu lalu.

Dimana, panitia pelaksana masih nekat menjual tiket kepada suporter tim tamu (PSIS Semarang), sehingga menimbulkan kericuhan, baik di dalam maupun diluar Stadion Si Jalak Harupat.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *